always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru 2022

Konten [Tampil]

 

Tingkatan Prosesor AMD Ryzen 





Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru 2022

Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru 2022 – Mengetahui kelas dan juga tingkatan prosesor merupakan hal yang penting untuk mengetahui prosesor mana yang lebih baik untuk digunakan. Prosesor AMD terkenal dengan performa yang kencang dan sudah biasa berada pada PC maupun laptop gaming. AMD merupakan singkatan dari Advanced Micro Device, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri semikonduktor yang berada di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Sejak berdirinya pada tahun 1969, AMD tentunya memiliki jajaran prosesor yang sudah diluncurkan.

Tingkatan Prosesor AMD Ryzen

Pada tahun 2017 AMD membuat sebuah terobosan pada produk prosesornya yang diberi nama Ryzen. Pada Prosesor AMD Ryzen ini memiliki teknologi dengan fabrikasi 14nm, sama seperti rivalnya dari Intel dengan seri Cofeelake nya pada tahun 2017 lalu. Saat ini AMD Ryzen sudah menggunakan basis Zen 3 nya dengan peningkatan performa dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Penting bagi sobat semua mengetahui tentang performa dan juga tingkatan prosesor AMD Ryzen ini, karena informasi seperti ini akan memudahkan sobat semua memilih prosesor AMD Ryzen yang tepat. Perlu sobat ketahui, prosesor AMD Ryzen ini memiliki beberapa seri, mulai dari Ryzen 3Ryzen 5Ryzen 7 dan juga Ryzen 9. Performa pada Prosesor AMD Ryzen ini sudah mampu untuk bersaing dengan prosesor besutan Intel dengan kelas dan juga harga yang sama.

Daftar Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru

Prosesor AMD Ryzen memang memiliki beberapa tingkatan mulai dari Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7 dan Ryzen 9. Segmen dari masing masing seri Ryzen tersebut juga memiliki penggunaan yang berbeda juga, misal pada Ryzen 3 dan Ryzen 5 biasa digunakan untuk laptop maupun prosesor PC yang memiliki performa menengah. Sedangkan untuk versi high end nya, terdapat Ryzen 7 dan juga Ryzen 9 yang sanggup digunakan untuk pekerjaan berat seperti editing video dan juga rendering yang memang membutuhkan performa maksimal dalam komputasinya. Berikut adalah tingkatan prosesor AMD Ryzen yang dapat sobat jadikan sumber informasi untuk memilih CPU yang tepat.

  • Prosesor AMD Ryzen 5 5600X
AMD Ryzen 5 5600X

Bagi sobat semuanya yang mencari prosesor mid range dengan performa yang “gila”, prosesor AMD Ryzen 5 5600X ini mungkin jawabannya. Prosesor yang belum lama diluncurkan ini memiliki 6 cores dan juga 12 threads. Kecepatan pada clock nya pada keadaan normal adalah 3.7 GHz dan dapat mencapai performa maksimal hingga 4.6 GHz dengan daya yang dibutuhkan adalah 65W. Prosesor ini berbasis Vermeer dengan fabrikasi 7nm dan termasuk dalam keluarga Ryzen 5.

Prosesor AMD Ryzen 5 5600X ini merupakan suksesor dari generasi sebelumnya yaitu Ryzen 5 3600X yang masih berbasis Zen 2 keluaran tahun 2019 lalu. Pada prosesor ini mengalami peningkatan pada IPC nya bersamaan dengan turbo boost hingga 4.6GHz lho, dan hanya pada performa single core saja.

Dengan fabrikasi 7nm ini, AMD dapat meningkatkan ukuran dari cache nya. Dengan penambahan pada cache ini membuat performa dari prosesor AMD Ryzen 5 5600X ini menjadi lebih ganas, khususnya ketika sobat semua bermain game pada resolusi Full HD atau bermain game ber-genre FPS seperti Counter Strike: Global Offensive misalnya.

Seperti pada prosesor AMD Vermeer lainnya, AMD Ryzen 5 5600X ini memiliki daya yang minim namun dengan peningkatan performa yang luar biasa dari sebelumnya. Ini berarti bahwa prosesor ini sangat buas ketika digunakan untuk aktivitas yang memerlukan multi-thread. Seperti untuk digunakan saat sedang mengedit video yang memang membutuhkan performa yang lebih untuk dapat menyelesaikan proses tersebut dengan cepat.

Memang untuk urusan performa di kelasnya, AMD Ryzen 5 5600X ini bukan lah yang tercepat, namun dengan apa yang ditawarkan di atas kertas serta memiliki harga yang cukup reasonable dibandingkan dengan rivalnya, menjadi kelebihan tersendiri. Karena prosesor ini sudah memiliki 6 cores dan juga 12 threads seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika sobat memang tertarik dengan prosesor AMD Ryzen 5 5600X ini, sobat hanya membutuhkan motherboard dengan socket AM4 seperti pada prosesor AMD Ryzen 5 sebelumnya. Jadi jika sobat sudah memiliki motherboard B450, tentunya ini bukan menjadi masalah untuk melakukan upgrade pada komponen prosesornya.

Spesifikasi Ryzen 5 5600X

Cores – 6

Threads – 12

Lithography – TSMC 7nm

Base clock – 3.7GHz

Boost clock – 4.6GHz

L3 Cache – 32MB

Memory support – DDR4 3200MHz

Socket – AM4

TDP – 65W

Cooler – Wraith Stealth

  • Prosesor AMD Ryzen 7 5800X
AMD Ryzen 7 5800X

Selanjutnya ada prosesor AMD Ryzen 7 5800X yang termasuk ke seri high end dari produk AMD. Sama hal nya dengan AMD Ryzen 5 5600X, prosesor ini juga dirilis pada tahun 2020 ini dan sudah memiliki 8 cores serta 16b threads. Penambahan performa tentunya didukung berkat clock speed yang dimiliki prosesor ini, yaitu 4 GHz pada saat normal dan mencapai 4.8 GHz ketika sedang dalam performa maksimalnya. Performa yang kencang tentunya membutuhkan daya yang lebih besar juga, prosesor ini membutuhkan daya 105W agar dapat digunakan.

Prosesor AMD RYzen 7 5800X ini juga merupakan suksesor dari generasi Ryzen 7 3700X sebelumnya yang masih berbasis Zen 2 dan dirilis pada tahun 2019 lalu. Prosesor ini juga sudah mengadopsi fabrikasi 7nm sama seperti Ryzen 5 5600X. Dengan fabrikasi 7nm tentunya membantu prosesor ini untuk dapat lebih efisien sampai 58% jika dibandingkan dengan prosesor besutan intel.

Memang beberapa tahun kebelakang ini prosesor sudah didominasi oleh AMD dan semakin menjadi dengan kemunculan Ryzen 7 5800X, setidaknya sampai saat ini. Dengan Ryzen 7 ini, AMD terus melakukan inovasi pada arsitektur terbarunya dan fabrikasi 7nm. Tentunya AMD Ryzen 7 ini sudah mendukung jenis memori DDR4 dan juga NVMe SSD dan juga port Thunderbolt.

Dengan generasi AMD Ryzen 7 5800X ini tentunya AMD makin menegaskan bahwa posisinya sekarang sudah setara dengan intel dalam hal performa dan juga efisiensi. Dalam hal performa pun memang hampir sama dengan prosesor intel Core i7 10700K, namun AMD menawarkan harga yang lebih murah. Tentunya hal ini dapat menguntungkan sobat semua yang memang mencari performa tinggi namun dengan harga yang lebih murah dengan Ryzen 7 5800X ini.

Spesifikasi Ryzen 7 5800X

Cores – 8

Threads – 16

Lithography – TSMC 7nm

Base clock – 3.8GHz

Boost clock – 4.7GHz

L3 Cache – 32MB

Memory support – DDR4 3200MHz

Socket – AM4

TDP – 105W

Cooler – Tidak ada

  • Prosesor AMD Ryzen 9 5900X
AMD Ryzen 9 5900X

Jika dirasa AMD Ryzen 7 5800X belum cukup untuk kebutuhan sobat semuanya, maka prosesor ini bisa menjadi alternatif lainnya. Prosesor AMD Ryzen 9 5900X ini merupakan prosesor terbaru dari AMD yang dirilis pada tahun 2020. Sebelumnya Intel Core i9-10900K menjadi CPU tercepat saat ini, dan AMD tentunya tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Dengan rilis nya AMD Ryzen 9 5900X ini yang memiliki performa sama namun dengan harga yang lebih murah.

Prosesor ini memiliki 12-core serta 24-thread dan juga clock speed 3.7 GHz serta performa maksimal hingga 4.8 GHz. Dengan performa yang ditawarkan sebaik itu, tentunya prosesor ini membutuhkan daya yang luar biasa juga, yaitu 105W. Dengan performa seperti itu tentunya bukan menjadi masalah jika digunakan untuk aktivitas rendering maupun gaming karena semua itu dapat dengan mudah diakomodir oleh prosesor ini.

Prosesor AMD Ryzen 9 ini adalah seri tertinggi yang Sohib tekno dapat temui pada prosesor besutan AMD, prosesor AMD Ryzen 9 5900X ini dapat digunakan pada motherboard dengan socket 400 atau 500 series. Berbasis dari arsitektur Zen 3 yang memiliki fabrikasi yang sama yaitu 7nm, AMD mendesain ulang arsitektur milik mereka untuk menambahkan performa IPC dan juga efisiensinya. Perbedaan dari arsitektur antara Zen 2 dan Zen 3 adalah pada Zen 3 memiliki 2 Core Complexes (CCX) per Compute die (CCD), dan setiap CCD hanya memiliki 1 CCX saja, dan setiap CCX memiliki hingga 8 cores. Ini berarti meskipun AMD Ryzen 9 5900X memiliki L3 cache yang sama dengan Ryzen 9 3900X di 64MB, namun untuk setiap core memiliki akses langsung menjadi 32MB pada Ryzen 9 5900X, dibandingkan dengan 16MB pada Ryzen 9 3900X.

Karena cache ini sangat penting dalam performa gaming dan dengan perubahan seperti itu membuat AMD Ryzen 9 ini memiliki clock speed yang lebih cepat dan juga peningkatan performa yang sangat signifikan. Dengan begitu, AMD telah menjadi prosesor dengan performa single core yang lebih baik dibandingkan dengan Intel saat ini.

Spesifikasi Ryzen 9 5900X

Cores – 12

Threads – 24

Lithography – TSMC 7nm

Base clock – 3.7GHz

Boost clock – 4.8GHz

L3 Cache – 64MB

Memory support – DDR4 3200MHz

Socket – AM4

TDP – 105W

Cooler – Tidak ada

Penutup

Dengan kembalinya AMD sebagai pemegang prosesor terbaik saat ini tentunya membuat banyak orang menjadi lebih bahagia, pasalnya, performa yang ditawarkan dapat menyamai performa prosesor intel yang memiliki harga yang lebih mahal. Terdapat 3 kategori pada prosesor AMD Ryzen ini, yaitu Ryzen 5 yang merupakan prosesor kelas menengah, Ryzen 7 prosesor kelas atas serta Ryzen 9 yang merupakan top of the line dari AMD.

Pilihan untuk menggunakan prosesor AMD berdasarkan kebutuhan serta harga ada di tangan sobat semuanya. Karena AMD memang menawarkan performa yang lebih baik namun dengan harga yang cukup bersahabat. Banyaknya laptop keluaran tahun 2020 yang menggunakan prosesor AMD yang berarti bahwa AMD memang mulai mendominasi pasar saat ini, tidak hanya pada prosesor saja, namun juga pada kartu grafis juga.

Demikian penjelasan mengenai Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru, semoga dapat menjadi suatu informasi baru untuk sobat semuanya serta menjadi referensi bagi sobat yang memang ingin merakit PC dengan menggunakan prosesor AMD. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, salam Sohib Tekno.

Sohib Tekno
Sohib Tekno Karena saya menyukai dunia Tekno dan Pendidikan, maka saya putuskan untuk membeli domain yang mengandung kata Sohib dan Tekno. Hingga akhirnya domain ini terpilih. © Tentang Saya - Sohib Tekno Source: https://www.sohibtekno.com/p/tentang-saya.html

Posting Komentar untuk "Tingkatan Prosesor AMD Ryzen Terbaru 2022"