19 Peluang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan Mudah Dijalankan!

19 Peluang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan Mudah Dijalankan!

Usaha kecil menengah saat ini menjadi salah satu jalan alternatif yang sedang digalakkan pemerintah untuk meggenjot perputaran ekonomi di masyarakat. Sebagai generasi milenial, kamu tentunya harus selalu siap menyambut segala bentuk peluang yang tersedia untuk bisa terlepas dari krisis.

Nah, sebagai warga negara yang baik, kamu tentunya juga harus menyambut berbagai program dari pemerintah tersebut dengan antusias, usahakan jangan lagi sibuk rebutan untuk jadi PNS, hehe.

Salah satu cara terbaik adalah dengan memulai bisnis. Namun membuka bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang dan tersusun rapi. Kamu harus bisa melihat peluang yang ada di masyarakat. Tujuannya tidak lain adalah agar bisa membuka usaha yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sifatnya berkelanjutan.

Nah, salah satu bentuk bisnis yang sifatnya berkelanjutan adalah bisnis kuliner, mengapa demikian? Karena makanan merupakan  salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia.

Namun, sebagai orang terdidik, kita tentu juga harus memperhatikan aspek kesehatan dari produk-produk yang kita jual. Hal ini penting karena saat ini masyarakat mulai sadar bahwa menerapkan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan. Sekarang ini juga masyarakat umumnya sudah mulai menjauhi jajanan instan yang mengandung micin, hehe.

Peluang Usaha Kecil Menengah yang Tidak Ada Matinya

Anda masih bingung mau membuka usaha apa? Berikut ini Sohibtekno.com bagikan ide usaha kecil menengah yang bisa anda coba jalankan:

A. Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner

 

Usaha kecil menengah adalah bidang usaha yang gurih untuk digarap. Kok gurih? Emang makanan? Namanya bisnis kuliner ya tidak jauh-jauh dari makanan dan minuman.

Bisnis kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang memiliki prospek yang sangat cerah, bahkan menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah hilang, karena semua orang butuh makan, baik itu makanan pokok, minuman atau hanya berupa cemilan.

Tidak tanggung-tanggung, bidang bisnis kuliner ini setidaknya menyumbang 41,40 persen produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai 383 triliun rupiah.

Apalagi ditunjang dengan perkembangan teknologi saat ini, perkembangan bisnis kuliner semakin bersinar lagi. Ada layanan pesan antar membuat orang-orang lebih mudah untuk makan tanpa harus keluar rumah.

Hanya dengan bermodalkan smartphone kini orang-orang bisa mendapatkan makanan apa saja yang diinginkan, klik ini, klik itu dan makanan pun sampai.

Berikut ini ada beberapa ide usaha makanan yang bisa anda coba untuk buka:

1. Usaha Kuliner Salad Buah

Sayur dan Buah-buahan sudah terbukti secara ilmiah dan diyakini dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit merupakan zat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Dengan demikian, Sayur dan buah mutlak dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme dan juga asupan zat-zazt penting untuk pertumbuhan. Namun, sebagian besar masyarakat umumnya enggan mengkonsumsi sayur, oleh karena itu buah-buahan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menambah asupan-asupan tersebut.

Nah, buah-buahan dapat dimanfaatkan untuk mengawali bisnis kuliner sehat yang ingin kamu bangun. Salad buah terbilang unik karena memang belum banyak ditemui sebagaimana jus buah.

Salad Buah merupakan salah satu produk dari inovasi usaha kreatif dari anak-anak muda yang ternyata disambut cukup baik di masyarakat. So, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha ini kan guys?

Baca juga: 12 Peluang Usaha Minuman Kekinian yang Menjanjikan

2. Mie Ayam Anti-Mainstream Warna-warni

Siapa sih yang nggak suka mi ayam? Mie ayam merupakan salah satu jajanan yang paling diminati di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan remaja.

Sayangnya, mie yang kita ketahui berbahan dasar dari tepung ini sering kali menjadi momok bagi para pegiat diet. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat mie berbagai varian warna yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti wortel, bayam, buah naga ubi jalar dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan sehat lain seperti jamur dan sayuran hijau untuk pelengkapnya mie ayam kamu. Untuk kuahnya.

Untuk kuahnya, kamu harus bisa mengupayakan untuk mengurangi penggunaan micin agar tag line kuliner sehatmu tetap bisa dipertahankan. Dengan begitu, Mie ayam warna-warni mu yang anti-mainstrem bisa mulai kamu pasarkan.

3. Es Krim Sehat dengan Campuran Buah

Es krim juga merupakan salah satu jajanan yang paling digemari. Di pasaran kita bisa menemukan es krim rasa apa saja, terlebih lagi rasa buah. Namun, Alih-alih mendapat jajanan sehat, es krim sering kali dihindari karena banyaknya lemak yang terdapat dalam es krim.

Hal ini tentu dapat dijadikan rujukan untuk membuat usaha es krim yang sehat, caranya adalah dengan memadukan es krim dengan buah-buahan asli yang biasa disajikan untuk membuat rujak. Dengan perpaduan es krim dan buah, kamu tentu dapat menjajakkan es krim buah mu sebagai jajanan nikmat yang juga sehat.

Sensasi asam dan manis pasti akan menjadi penarik bagi para pecinta buah dan es krim yang diliputi rasa penasaran, hehe.

4. Usaha Rumahan Jual Gorengan

Outlet Gorengan via Koran wirausaha

Usaha yang satu ini sepertinya sangat remeh temeh dan jarang dilirik oleh anak-anak muda. Padahal usaha jual gorengan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan jika kita seriusi.

Masyarakat kita sangat suka ngemil, apalagi ketika waktu-waktu sela seperti sepulang kerja atau sedang berkumpul dengan keluarga dan teman.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga terbilang kecil, sekitar Rp 1,5 juta untuk gerobak bekas, Rp 500 ribu untuk peralatan memasak, sekitar 200 ribu untuk bahan baku. Dan usaha anda sudah siap berjalan.

Untuk yang didapat dari usaha jual gorengan juga tidak tanggung-tanggung. Setidaknya anda bisa mengantongi keuntungan 1-3 juta setiap minggunya.

Apalagi kalau anda mendapatkan lokasi yang strategis berada di dekat keramaian. Maka usaha ini bisa menjadi tambang emas untuk anda.

Apalagi untuk mendapatkan bahan baku gorengan juga cukup mudah. Ada banyak pilihan gorengan yang bisa anda jajakan, misalnya pisang goreng, tahu isi, pisang molen, tahu brontak, bakwan, tempe goreng, onde-onde, pisang cryspi, perkedel jagung dan masih banyak lagi.

Modal utama dari usaha gorengan adalah tekad yang kuat. Dengan bermodalkan tidak lebih dari 3 juta rupiah sebenarnya dalam waktu sekitar 5 bulan saja anda sudah bisa BEP, atau kembali modal dan selanjutnya tinggal meraup keuntungan saja.

Namun, jika anda ingin memiliki dagangan yang laris manis dan cepat laku, anda harus membuat sesuatu yang berbeda, sebaiknya anda jangan terlalu mengambil untung terlalu banyak, karena biasanya ukuran gorengan anda menjadi lebih kecil, sebaiknya anda fokus pada kepuasan pembeli.

Anda bisa membuat ukuran gorengan anda lebih besar daripada yang lainnya. Jika gorengan anda lebih “kriuk-kriuk”,  enak dan ukurannya jumbo, maka kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Saya pribadi juga suka mengemil gorengan, bahkan ketika acara pekanan kami biasanya juga selalu diisi dengan menyantap gorengan, karena gorengan menjadi salah satu alternatif makanan yang murah meriah namun lumayan mengenyangkan.

Bagaimana, anda tertarik untuk memulai usaha gorengan? Tunggu apalagi, jika anda membutuhkan saran dan masukkan sebelum memulai usaha gorengan anda bisa menyampaikan via kolom komentar.

5. Usaha Minuman Coklat dan Jus Buah

Ilustrasi: Minuman Cokelat Kekinian

Usaha bisa kuliner memang tidak ada matinya, berbagai ide dan varian kuliner bisa anda sajikan untuk masyarakat. Salah satunya adalah minuman coklat dan jus buah-buahan.

Usaha minuman ini sangat cocok untuk dijajakkan di tempat-tempat dekat sekolah atau kampus, karena memang pasarnya adalah remaja dan orang sebagian orang dewasa.

Anda bisa menjalankan usaha minuman ini dengan metode waralaba atau sistem franchise.

6. Usaha Warung Kopi Sederhana Keuntungan Luar Biasa

Kalau kita melihat di web-web atau media sosial, orang-orang gemar sekali nongkrong di warung kopi. Bahkan ada orang yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam untuk nongkrong di warung kopi, apalagi kalau anda menyediakan fasilitas wifi gratis, pasti lebih banyak lagi orang yang akan nongkrong di warung anda.

Anda bisa membuka warung kopi di sekitar tempat-tempat orang nongkrong mulai dari pasar, terminal, atau sekitar pangkalan ojek dan tempat yang banyak orang berlalu lalang lainnya.

Dengan harga secangkir 5 ribu (jika anda membuka usaha di tempat yang low profile) anda bisa meraup keuntungan 50%, karena modal secangkir hanya sekitar Rp. 2.500 saja.

Jika anda membuka cafe (tentu membutuhkan modal besar) anda bisa menjual secangkir kopi 5 sampai 10 ribu tergantung varian kopi yang anda tawarkan.

Biasanya, kalau minum kopi tentu ada lawannya, bisa berupa gorengan atau aneka jajanan tradisional lainnya.

B. Usaha Kecil Menengah Bidang Fashion

cara jadi reseller baju online tanpa modal

Fashion menjadi bidang usaha kecil menengah selanjutnya yang bisa anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha sendiri.

Untuk bisnis fashion sangat banyak jenisnya, anda bisa memulai usaha dari baju, celana, aksesoris, hingga sepatu.  Berbagai merk terkenal baik itu domestik dan import banyak beredar di Indonesia.

Salah satu peluang usaha yang bisa anda jalankan dibidang fashion tanpa modal bisa dengan sistem dropship. Bagaimana caranya? Silahkan simak pada ulasan: Cara Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal

C. Usaha Kecil Menengah Bidang Skin Care dan Kosmetik

Kosmetik dan skin care menjadi salah satu kebutuhan pokok wanita saat ini. Ibu-ibu rela mengeluarkan uang jutaan rupiah seminggu untuk perawatan kecantikan.

Industri skin care saat ini bisa dibilang sangat maju. Berbagai brand bermunculan untuk menjawab kebutuhan akan kosmetik kaum hawa.

Ada banyak brand bisnis kosmetik yang menawarkan kerjasama dengan modal kecil tanpa harus punya ruko atau toko sendiri.

Cukup modal dengan katalog dan direct selling, anda bisa memulai usaha ini. Tips untuk memulai usaha ini bisa dengan cara pemakaian pribadi.

Anda bisa pergi ke kantor menggunakan kosmetik yang akan anda jual baik itu berupa lipstik, bedak, foundation, parfum, celak dan lain sebagainya.

D. UKM di Bidang Teknologi Internet

Ilustrasi: Membuat Blog

Hari-hari ini siapa sih yang tidak menggunakan internet? Pengguna Internet di Indonesia sangat besar sekali. Karena memang berbagai keperluan saat ini bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan bantuan internet.

Ada banyak usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang teknologi internet. Kira-kira apa saja peluang usaha kecil menengah dalam bidang teknologi internet yang bisa kita jalankan? Berikut ini diantaranya:

1. Blogging

Ilustrasi: Membuat Blog

Bloggging atau ngeblog menjadi salah satu ide usaha bidang internet yang banyak digandrungi. Kenapa? Selain mudah, ngeblog juga membutuhkan modal yang yang kecil, bahkan bisa gratisan. Untuk blog berbayar anda butuh nama domain dan hosting untuk mulai ngeblog.

Cara menghasilkan uang dengan blog adalah dengan bekerjasama dengan perusahaan perikalan. Ada banyak perusahaan perikalan yang siap membayar anda untuk menayangkan iklan mereka.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca pada artikel: Peluang Bisnis Online

2. Membuat Aplikasi Android

Membuat aplikasi android bisa anda jadikan peluang usaha selanjutnya. Kalau kita membuka playstore, bisa kita lihat banyak sekali berjejer aplikasi yang bisa anda install, mulai dari Game gratis, aplikasi edit foto, edit video dll

Nah, ternyata dari membuat aplikasi ini bisa menghasilkan rupiah lho. Cara menghasilkan uang dari membuat aplikasi ini yaitu dengan bekerjasama dengan Google Admob. Untuk build aplikasi anda bisa menggunakan eclipse atau android studio.

3. Jual Beli Online

Jual beli online bisa menjadi peluang usaha selanjutnya. Untuk jual beli online sendiri kita bisa memulainya dengan menggunakan media sosial, website, atau dengan membuat akun di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll.

Apa yang bisa dijual?

Semuanya bisa dijual lho. Walaupun anda tidak punya produk, anda juga bisa jualan. Bagaimana caranya? Anda bisa menjualkan produk orang lain. Bisa dengan sistem dropship. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca pada artikel: 15 Bisnis Tanpa Modal Untung Besar

E. UKM di Bidang Agrobisnis

Usaha Sampingan Menanam Sayuran Hidroponik

Usaha bidang agribisnis termasuk usaha yang menjanjikan. Alam kita yang tropis membuat kita bisa menanam dan beternak sepanjang tahun. Kita memulai usaha peternakan, perikanan atau pertanian.

Untuk anda yang tinggal di area perkotaan, mungkin anda kesulitan mendapatkan lahan, maka anda bisa mencoba rekayasa pertanian, misal dengan hidroponik atau sistem rakit apung.

Untuk anda yang berada di daerah yang masih banyak tersedia lahan, baik punya sendiri atau lahan tidur yang bisa anda sewa, anda bisa mencoba usaha budidaya kangkung, bayam, sawi, pakcoy dll.

Untuk daerah yang kaya akan air, anda bisa mencoba untuk beternak ikan nila, lele, gurame, ternak bebek, ayam, kambing dan lain sebagainya.

F. UKM di Bidang Otomotif

Siapa yang tidak butuh kendaraan? Baik itu motor atau mobil. Kendaraan menjadi salah satu penunjang aktivitas kita untuk bepergian, pengangkutan, dan keperluan lainnya.

Bisnis UKM bidang otomotif juga bisa anda jalankan. Anda bisa membuka service motor, ganti oli mobil, sampai jual sparepart motor dan mobil. Tentu saja untuk bisnis jual beli sparepart kendaraan ini butuh biaya yang sangat besar.

Namun biaya yang besar ini sesuai dengan potensi pemasukan yang bisa kita dapatkan. Jual sparepart ini sangat menguntungkan lho. Harga sparepart dan onderdil ini jarang diketahui oleh masyarakat. Sehingga mereka tidak akan menawar-nawar lagi.

Coba usaha kecil bidang otomotif berikut ini

1. Usaha Kreatif Cutting Sticker

Anak mudah sangat suka memodif kendaraan mereka, baik itu spare part atau dari variasi sticker. Nah, anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Tanpa modal yang besar, anda bisa membuka kedai sticker di pinggir jalan dengan mendirikan tenda-tenda kecil saja.

Bisnis kreatif anak muda yang satu ini tidak membutuhkan modal besar, hanya butuh modal untuk menjual aneka sticker saja.

Jika usaha anda mulai berkembang nanti, anda bisa juga merambah modifikasi mobil yang membutuhkan modal lebih besar, namun keuntungan yang diraih juga sangat wow sekali.

Tahukah anda, ternyata untuk modal belanja bahan sticker sebanyak satu hingga 2 rol yang bisa digunakan untuk tiga unit motor dengan desain full cutting, hanya membutuhkan modal sebesar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah saja.

Untuk menjalankan usaha kreatif ini anda harus sering-sering melihat gambar modifikasi motor agar anda tidak kudet, dan memiliki ketrampilan untuk mempercantik motor pelanggan anda. Seiring berjalannya waktu maka keahlian anda pasti akan semakin terasah.

2. Service Kendaraan

Untuk memulai usaha service kendaraan ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar, karena disini yang dibutuhkan adalah skill untuk memperbaiki kendaraan tersebut.

Untuk onderdil yang dibutuhkan bisa kita beli saat ada pelanggan yang datang. Jadi kita tidak perlu stok banyak sparepart atau onderdil kendaraan.

Untuk skill pun jika anda tidak bisa service kendaraan, anda bisa menggunakan jasa tamatan STM atau orang yang berpengalaman untuk memperbaiki kendaraan.

3. Jasa Cucian Mobil/Motor

Ide usaha berikutnya yang bisa anda buka adalah jasa service mobil atau motor. Untuk membuka cucian mobil atau motor ini tidak membutuhkan banyak modal. Cukup modal sekitar 2-3 juta saja kita sudah bisa membuka tempat pencucian motor lengkap dengan mesin pompa, peralatan mencuci dan tempat mencuci sederhana.

4. Jual Helm

Helm merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk berkendaraan motor. Sebagai sarana penunjang keselamatan, helm sangat dibutuhkan.

G. UKM di Bidang Pendidikan

Usaha bidang pendidikan termasuk yang tidak akan pernah hilang. Semua orang butuh pendidikan, baik formal maupun informal.

Untuk bisnis bidang pendidikan ini butuh keseriusan dan ketekunan untuk menjalani karena terkait dengan perkembangan anak.

1. Membuka Les Privat

Ide usaha kecil menengah bidang pendidikan yang pertama adalah dengan membuka les privat. Les privat bisa menjadi solusi untuk orang tua yang tidak sempat untuk mengajari anak mereka di rumah. Atau orang tua yang tidak mengerti dengan pelajaran anak di sekolah.

Untuk menjalankan bisnis les privat ini bisa dengan cara menawarkan langsung ke orang tua murid. Anda bisa menawarkan keunggulan dari les privat yang akan anda berikan.

2. Bimbingan Belajar (Bimbel)

Peluang usaha bimbel sanga terbuka lebar saat ini. Apalagi ketika para siswa akan menghadapi ujian atau masuk ke perguruan tinggi.

Kalau les privat sifatnya pribadi-pribadi, sementara untuk bimbel ini lebih klasikal.  Anda bisa memanfaatkan ruang garasi atau ruang tamu untuk membuka jasa bimbel ini. Namun jika anda memiliki modal lebih, anda bisa menyewa ruko untuk ruangan bimbel.

Tawarkan berbagai program unggulan bimbel anda, misal nilai ujian di atas 80, atau dijamin masuk ke PTN favorit dan keunggulan lain. Ini akan menjadi daya tarik untuk orang tua murid.

Sektor pendidikan informal ini sangat menjanjikan untuk kita geluti. Selain menyasar pelajar, anda juga bisa menargetkan orang umum, misal dengan membuka kursus komputer, mahir microsoft, dan kursus lainnya.

H. UKM di Bidang Penginapan

Sektor pariwisata mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Mengingat memang sektor pariwisata ini menyumbang devisa yang sangat besar untuk negara.

Nah, sektor penginapan dan hotel menjadi salah satu peluang usaha menengah yang layak untuk anda coba. Apalagi kalau anda tinggal di dekat objek wisata, tentu sektor penginapan bisa menjadi tambang emas untuk anda.

Untuk hotel mungkin tidak terjangkau oleh pegiat usaha menengah, namun untuk guest houst atau penginapan tentu sangat terjangkau.

Anda bisa memanfaatkan kamar anda yang tidak terpakai untuk penginapan para backpacker yang liburan dengan budget minim.

Untuk promosi anda bisa memanfaatkan agency travelling yang sangat banyak sekali. Jangan ragu untuk mempromosikan rumah anda sebagai guest house.

Kendala yang Sering Dihadapi

Tidak bisa dipungkiri, memulai usaha kecil menengah membutuhkan modal yang terkadang tidaklah sedikit. Modal usaha ini terkadang yang menjadi kendala seseorang untuk memulai usaha.

Untuk anda yang ingin mendapatkan permodalan, anda bisa mencoba mengumpulkan uang dengan bekerja atau dengan mencari pinjaman.

Namun pastikan anda tidak meminjam uang dari pada rentinir atau penganak uang, meskipun mereka sangat mudah dalam persyaratan, namun karena bunga yang sangat besar justru akan mematikan usaha anda. Uang anda tidak bisa berputar, keuntungan dan modal akan habis perlahan untuk membayar tagihan perbulannya.

Tips Sukses Bisnis UKM

Sebelum anda memulai bisnis usaha kecil mengah (UKM) sebaiknya anda mematangkan segala sesuatunya agar usaha anda tidak gulung tikar di tengah jalan. Berikut beberapa tips sukses bisnis UKM yang sebaiknya anda perhatikan:

1. Atus Business Plan dengan Terukur

Tips sukses yang pertama adalah rencana bisnis yang terukur dan terinci. Meskipun memang, di lapangan rencana tidak sesuai dengan fakta, maka dari itu kita harus menyiapkan plan A, B, C dst.

Anda harus membuat hitung-hitungan modal dan pengeluaran secara rinci. Jangan hanya membuat asumsi di kepala saja, karena setelah kita tuliskan ternyata modal yang sebelum kita kita sedikit ternyata ada banyak.

Setelah usaha kita cukup berkembang, maka kita harus membuat rencana jangka panjang, hal ini bertujuan untuk membuat usaha kita semakin besar lagi. Apalagi kalau kita membutuhkan suntikan dana dari investor maka kita harus membuat business plan yang rinci dan mudah dipahami.

Selain mengenai keuangan, anda juga harus membuat gambaran mengenai pasar dan segmen yang anda sasar, peluang yang anda miliki serta tantangan yang mungkin akan timbul kemudian.

2. Buat STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)

Dalam usaha kecil mengah, SOP memang tidak terlalu dibutuhkan, namun untuk profesionalitas bisnis anda, maka SOP sangat perlu agar tidak terjadi kesalahan komunikasi persepsi.

Sop ini nantinya akan menjadi petunjuk bagi pekerja atau karyawan yang akan anda pekerjakan.

3. Bangun Jaringan

Untuk membuat usaha anda meroket, anda harus bisa membangun jaringan usaha yang kokoh. Jika anda membuka usaha kuliner, pastikan anda memiliki jaringan atau akses ke organisasi atau institusi agar anda seslau menjadi prioritas saat mereka membutuhkan pensuplai snack atau makanan.

4. Manfaat Teknologi

Untuk mempercepat transaksi, anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Anda bisa menggunakan aplikasi massanger yang ada seperti WA, Line dsb untuk mempermudah komunikasi.

Anda juga bisa menggunakan berbagai media agar usaha anda lebih booming dan cepat terkenal seperti menggunakan facebook, twitter, blog, instagram, youtube dan lain sebagainya.

Jangan sampai usaha anda mati karena anda tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Padahal anak mudah sekarang lebih sering di media sosial daripada di dunia nyata.

****

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali ya sektor usaha kecil menengah yang bisa kita garap. Memang usaha kecil menengah ini menjadi salah satu sektor usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat kita.

Demikianlah ulasan mengenai usaha kecil menengah yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bisnis untuk anda.

Tags: contoh ukmcontoh usaha kecil menengahide ukmide usaha kecil menengahpeluang ukmpeluang usaha kecil menengahukmusaha kecil menengahusaha kecil menengah kulinerusaha kecil menengah makananusaha kecil menengah pendidikanusaha kecil menengah terbaru

Leave a Comment

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock